Powered by Blogger.

Tips Dan Cara Mempercepat Loading Blog

Posted by 123ajah

Loading blog harus kita perhatikan, karena bisa berdampak buruk bagi blog kita, mengapa ? karena jika loading blog kita sangat lama itu akan membuat pengunjung tidak betah, apalagi kalau pengunjung tersebut tergolong orang yang tidak sabar, kita akan rugi besar bukan.

Mempercepat Loading Blog

Saya kira ukuran loading suatu blog dapat dikatakan cepat apabila mendapat nilai minimal 80 bila menggunakan indikator pengukuran bagian desktop dari http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/, jika kurang dari 80 maka bisa dikategorikan lambat dan harus ada upaya lebih lanjut agar dapat mencapai angka tersebut. Nah berikut sedikit tips dari saya agar blog sobat menjadi lebih ringan dan loading semakin cepat...

Mempercepat loading blog dengan mengkompres CSS

Mengkompres CSS cukup berperan untuk mempercepat loading blog, baik secara manual maupun secara otomatis, secara manual tentunya harus teliti memilah mana yang dapat dirangkum dan mana yang berdiri sendiri, jika sobat ingin menggunakan cara otomatis bisa meggunakan Tools-tools online yang sudah banyak tersedia di berbagai situs, diantaranya http://www.csscompressor.com, http://cssoptimiser.com, http://imabblog.com/cssoptimizer/compress.html, http://tools.arantius.com/css-compressor, http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor, http://www.csscompressor.com, http://cssoptimiser.com, http://imabblog.com/cssoptimizer/compress.html, http://tools.arantius.com/css-compressor, http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor.

Memperkecil ukuran gambar di dalam artikel

Sebaiknya jangan meletakkan gambar yang memiliki size atau ukuran yang besar, karena bisa berdampak ke loading blog, sobat bisa mengurangi kualitas gambar untuk mengatasi hal ini, atau bisa juga mencari cara untuk mengkompres ukuran gambar di google untuk lebih lengkapnya.

Pastikan background tampilan blog tidak menggunakan gambar

Pastikan blog sobat menggunakan background warna solid saja, seperti #FFF dan lain-lain, saya tidak melarang sobat menggunakan background gambar, tapi sebaiknya menggunakan background warna solid saja, jika sobat ingin menggunakan background gambar, sebaiknya gambar tersebut tidak memiliki ukuran yang besar karena akan berdampak juga pada kecepatan loading blog

Hindari meletakkan iklan yang berlebihan di blog

Iklan sebaiknya diletakkan secara rapi dan tidak berlebihan, tentunya pengunjung tidak suka dengan blog yang penuh dengan iklan, karena dapat mengganggu kenyamanan mereka saat berkunjung ke blog sobat, dan tentunya iklan-iklan tersebut juga dapat memperlambat loading blog.

Membuang widget-widget tertentu

Maksud saya adalah membuang atau menghapus widget-widget yang tidak penting, seperti jam, kalender, dan semacamnya, tentunya juga membuang widget yang mempengaruhi jalannya loading blog.

Gunakanlah template yang pada dasarnya sudah ringan

Jika sobat tidak ingin susah-susah untuk mempercepat loading blog sobat, sobat bisa menggunakan cara pintas dengan cara mengganti template sobat dan menggunakan template yang sudah memiliki loading yang cepat dan ringan, template-template yang ringan dan memiliki loading cepat sudah banyak tersedia di google, sobat dapat memilih sesuai selera sobat disana.

Itu dia sedikit pembahasan mengenai tips dan cara mempercepat loading blog, Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat.

Related Post



Post a Comment